Sabtu, 03 November 2012

Sekilas Cerita Kehidupan Gue !!!


Ini dia nih,, biografi dari pemilik blog !!
Kalo lo semua pada baca,, dijamin dah, mulut lo semua bakal nganga..
Hahaha..
#lebay deh gue..
<!−−more−−>


Kenalin nih,,
Nama gue Rizka HT,, biasanya orang manggil dengan sebutan yik. Hmm,, nama yang gak nyambung banget antara nama lengkap dengan nama panggilan. Nama itu dikasih emak dengan harapan anaknya bakalan ngebawa rejeki yang besar bagi keluarga,, tapi sayangnya semua itu gak jalan sesuai doa. Mau tau kenapa?? Itu karena ada beberapa faktor. Pertama, dari seluruh anggota dirumah, gue pemegang rekor makan terbanyak. Oleh karena itu, 55% jatah beras, itu gue yang menguasai. Hmm,, wajar sih sebenernya kalau diliat dari porsi badan gue yang langsingnya 11 12 dengan tedmond. Yang kedua,, jatah uang saku gue paling gede. Hal itu karena status gue sebagai mahasiswa pengangguran yang kerjaan sehari-harinya sebagai CV. Tadah Tangan. Dan yang terakhir, gue punya hobi icip-icip kuliner. Jadi, semua uang jatah jajan semuanya lenyap seketika dikala gue udah ngadain yang namanya wisata kuliner. Jadi, dari semua alasan diatas, kalian bakalan tau kenapa arti nama Rizka gak berlaku dikeluarga gue.

Yang lebih ampun lagi,, ternyata kemalangan gak hanya menimpa keluarga gue, melainkan menimpa gue sendiri, ‘SANG EMPUNYA NAMA’ !!
HaHaHaHaHa !!
Bayangin aja, diantara 4 saudara, badan gue paling ceper..
#kayak modif motor aja ceper.
Yang kedua, gue paling bantet. Yahh,, itu kan sesuai gelar yang gue sandang saat ini. Okke,, biar lebih jelas, mari kita flashback ke tulisan di baris 11 yang isinya ‘pemegang rekor makan terbanyak’.
            Hidup dalam lingkup keluarga yang keras,, (maklum,, si abah seorang militer yang otoriter) membuat pribadi gue jadi pribadi yang keras. Ditambah lagi hidup dengan 3 saudara laki-laki membuat gue sebagai satu-satunya anak cewek dirumah, menjadi beda tipis dengan laki-laki. Semua itu bisa dilihat dari beberapa kebiasaan gue sebagai berikut :
1.      Gue paling males mandi. Mandi itu hanya gue gunakan ketika mau berangkat kuliah. Tapi kebiasaan ini mendatangkan keuntungan ketika musim kemarau datang. Maklumin aja, gue tinggal dikawasan tepi kota yang kehidupannya masih semi primitif.
2.      Gue paling suka tidur. Bagi gue tidur itu bisa menghindari masalah Dan membuat hidup menjadi lebih nyaman.
3.      Dan yang terakhir,, gue paling males dirumah. Kalo sirine mulut emak udah berbunyi keras,, tenaga gue ngumpul dah, dan dalam waktu sekejap, kerjaan apa aja bisa gue kerjain.
#aneh banget ya??

Tapi, walaupun sebegitu buruknya gue, emak masih mau buat ngajarin dan ngingetin anaknya yang super duper bandelnya. Emak gue adalah orang yang menyenangkan. Dia juga pribadi yang sangat hebat. Emak adalah sosok yang paling idolakan melebihi artis artis ternama. dan gue menghormatinya lebih dari seorang pemimpin. Emak adalah pejuang dibalik keberhasilan ku sekarang. Emak tak pernah mengeluh saat dia letih. Namun gue, baru disuruh sedikit aja, ngeluhnya seharian. Emak tak pernah letih ngejaga gue saat sakit. Meski sebenarnya dia lebih sering sakit disbanding gue.  Dia sosok yang ‘Never Give Up’ manpu untuk ‘Fight’ dan selalu ‘survive’. 80% kehidupan gue, semuanya gue dedikasiin buat emak tercinta. Gue pernah bilang kalau aku punya kaki, akan ku gendong mama disaat mama kakimu telah lemah. Jika kaki ku tak ada, akan ku gunakan tanganku untuk mengossok tubuhmu yang penat. dan, jikalau memang tangan dan kaki ku tak ada, akan ku berikan bahuku untuk mama bersandar saat mama sedih.
            Bagi gue, emak adalah segalanya. Spirit, keceriaan, dan kenyamanan semua kudapatkan dari emak. Emak adalah hati, darah, nadi dan penopang dalam hidup gue. Pokoknya emak the best dah !! Mungkin emak udah susah buat baca tulisan yang gue buat ini, tapi gue yakin dia bisa ngerasain apa yang gue rasa. Love you mama !!!

            Okke dah,, kita lanjut lagi pembahasan kita sebelumnya,, masalah emak, kita cukupkan sampai disini. Karena gue tau lu semua pada cinta dan sayang banget sama emak..

Hmm,, keanehan hidup gue gak sampai disitu aja,, banyak sebagian orang ngerasa kuliah itu pusing, monoton, Dan membosankan. Terkadang ada juga yang merasa bahwa kehidupan kuliah itu resmi banget, kayak dikantor-kantor. Lu bayangin aja suasananya,.
Pertama, kuliah pakek kemeja,
#kayak mau kekantor aja !!
Kedua, diwajibkan pakek sepatu.
#sebenernya emang harus sih.
Ketiga, setiap hari kita harus nunggu kedatangan dosen yang gak tau zaman kapan
datengnya dengan posisi duduk manis dan suasana yang kondusif.
#kayak nungguin bos yang lagi mau meeting.
Tapi kehidupan itu gak berlaku di kelas gue. Kalo lu masuk kesana, lu bukannya ngerasa lagi dikelas, melainkan ngerasa di srimulat. Dikelas gue, ada beberapa komponen pendukung yang buat ni kelas udah kayak ludruk. Komponen yang dimaksud adalah :
1.      Desmaila Juvita
2.      Azena Korina
3.      Yeni Pertiwi
4.      Ade mila
5.      Salma
6.      Yang pasti gue sendiri selaku biangnya.
Okke,, sekarang gue bakal ngenalin satu persatu dari komponen yang tertera namanya diatas.
Pertama, Desmaila. Ni temen gue dari SMP. Bayangin aja betapa bosennya gue saat ketmu dia lagi saat kuliah. Desmaila ini unik banget,, dia pinter berwirausaha. Semua jenis barang dijualnya. Maklum,, nama tengahnya aja Mail, DESMAILA. Semua orang takut padanya, ya,, maklum sih,, badanya gede. Dikelas, dia berperan sebagai pembuat lelucon, ya,, satu perjuangan dengan saya.

Hmm,, ada satu kejadian yang langka banget,, atau bisa dibilang mungkin satu-satunya. Ini cerita tentang kesan pertama gue waktu masuk kuliah. Tapi,, ni kejadian ada sangkut pautnya sama si Desma. Hadoohh,, Desma lagi,, Desma lagi. Ni mahluk gak pernah henti-hentinya buat cerita hidup gue makin amburadul.
Kalo kata pepatah,, sial itu dikatakan seperti “Sudah jatuh, tertimpa tangga”. Namun pada kejadian ini, sial itu gak diungkapi dengan pribahasa diatas,, melainkan diungkapkan oleh sebuah pribahasa “Lupa tangga, jadi jatuh tertimpa gajah”(hanya sekedar pembritahuan, ni pepatah, gue yang buat !! Ciieee !! Hebat kan gue?). Pepatah ini sangat mencerminkan kejadian gue banget.
Waktu itu adalah hari pertama gue ospek di kampus gue tercinta, ‘Politeknik Negeri Sriwijaya(POLTEK)’. Hari itu diberitahukan kepada seluruh mahasiswa baru untuk kumpul dilapangan ‘Universitas Sriwijaya(UNSRI)’ tepat jam 2 siang. Hmm,, emang dah sial itu gak dapat ditolak. Jam 12 siang, gue ama Desma udah betengger di dekat lapangan unsri UNSRI, namun sayangnya,  nomor peserta gue tertinggal dirumah. Padahal, ni kartu nilai kepentingannya adalah 100%. Kalo sampe gak di bawa, bisa-bisa gue disuruh ngerayap satu lapangan.
Dengan berat hati gue bilang ke Desma kalo gue minta tolong anterin kerumah buat ngambil lagi tu kartu. Yaa,, gue gak tau apa sebenernya Desma ikhlas atau gak nganterin gue saat itu,, tapi gue yakin dia pasti ikhlas. Secara gue teman lamanya. Hahahaha !!!
Jarak dari POLTEK kerumah gue jauh banget. Butuh waktu sekitar 45 menit untuk sampe kerumah. Ditambah lagi tenaga motor yang udah empot-empotan karena dinaikin oleh 2 orang yang badannya segede tedmon. Kalo dari POLTEK kerumah aja 45 menit, berarti butuh waktu 1 jam setengah untuk bolak balik POLTEK ke rumah,, rumah ke POLTEK. Ditambah lagi waktu yang terbuang untuk mencari kartu, atau sekedar minum saat dirumah. Al hasil, gue ama Desma nyampe lagi di POLTEK sekitar jam 2 kurang 15 menit. Dan hal yang paling mengejutkan adalah, ternyata yang mengospek kami adalah TNI. Woww banget kan??
Tu TNI sambil marah-marah, merintah kami buat lari dari jalan menuju lapangan. Nah,, disinilah letak kesialan yang gue ibaratkan di pepatah tadi. Posisi lapangan yang menurun, ya mungkin sekitar 1,5meter dan dengan rumput-rumputnya yang licin membuat gue jatuh tersungkur dengan posisi tengkurap, yaa,, kayak selebrasi pemaen bola kalo udah nyetak gol. Yang lebih bodohnya lagi,, gue gak liat tepat disebelah gue ada tangga buat turun kelapangan. Dan ini nih yang terakhir, yang ada hubungannya dengan Desma. Mungkin niat hati ingin bantu temen, tapi apa daya tuhan berkehendak lain. Ngeliat gue yang terjatuh, ngebuat Desma jadi buru turun ke lapangan buat ngebantu gue. Namun karena turunan yang licin, dan sedang dalam keadaan cemas, ehh,, si Desma ikutan jatuh juga. Dan lu tau gak dia jatuh dimana?? Tepat banget diatas badan gue. Ukuran badan desma yang notabene lebih gede dari gue, buat badan gue jadi tambah sakit. Encok, keram, patah tulang, semua gue alami.
#Ciieee,, lebay deh gue..
            Ini lah yang gue sebut “Lupa tangga, jadi jatuh tertimpa gajah” gara-gara gue gak tau ada tangga disebelah gue,, jadi jatuh dah waktu mau turun ke lapangan. Udah jatuh nih,, ehh,, malah ditimpa Gajah (Desma maksudnya.. Hehehe !!)
            Itu pengalaman gue waktu baru-baru ospek saat kuliah. Baru hari pertama aja udah buat heboh.
Okke, lanjut yang kedua. Yang ini namanya Azena Korina, atau biasa dipanggil Oyin. Ni anak punya 3 penyakit aneh, yang pertama, gak pernah bener ngucapin lirik lagu, padahal dia udah sering dengerin tuh lagu. Yang kedua, ni anak paling pelupa. Kalo dia sedang ngomong, terus kita potong pembicaraannya, ni anak bakal lupa segalanya. Al hasil, ni anak bakal ngambek. Yang ketiga, dia suka banget mondar mandir ke kamar mandi. Hmm,, mungkin dia banyak ritualnya selama di wc. Kalo di kelas, ni anak suka garing kalo cerita. Tapi,, kalo lu liat wajahnya waktu bengong karna gak ada yang ketawa saat dengerin ceritanya, lu semua bakal ngakak abis.
Yang ketiga ini paling sensational. Ni anak,, badannya kecil, tapi suaranya menggelegar. Kalo dalam suatu acara kita butuh yang namanya speaker buat ngerasin suara supaya rame, kalo ada yeni, kita gak bakalan lagi perlu. Karena suara yeni ini udah bikin rame kayak acara kawinan. Yeni ini punya satu kata kunci yang selalu disebutin dikala dia gak suka dengan sesuatu hal. Kata kuncinya ialah “Aguuuuyyyy !!!”. dia gucapin itu dengan nada yang panjang Dan melengking. Hadooohh,, kadang ampe ngilu. Karena suaranya ini, ada seorang dosen “Namanya gak boleh disebut” ni  dosen paling tau banget, kalo udah ada suara rebut-ribut yang membahana,, itu sudah pasti yeni.
Yang keempat adalah Ade Mila. Ini anak paling alim dikelas, tapi aneh juga karena dia sering ketawa. Kalo udah liat tingkah gue dan desma yang aneh,, ni anak pasti ketawa. Kadang candaan kami tidak terlalu lucu bagi semua orang, tapi anak ini masih aja ketawa. Maklum, ni anak pinter banget matematika. Mungkin karena terlalu pintar, jadi suka ketawa gak jelas kalo liat kami berdua. Tapi apa mungkin dia terobsesi dengan candaan kami?? Tunggu kelanjutannya, hanya di Belive or Not.
Hahaha..
#gak nyambung..

Lain lagi dengan kesan pertama gue ama Yeni dan Ade. Hemm,, ni anak udah kayak kembar aja. Sama-sama ngekost, sama-sama dari luar kota, sama-sama susah cari tempat makan, pokoknya banyak kesamaan deh.
            Tapi, mereka berdua mempunyai satu hal yang gak sama, yaitu bahasa. Ade itu tinggalnya di daerah yang namanya ‘Sungai Lilin’. Ni tempat masih satu daerah di SumSel. Nahh,, kalo si Yeni, itu asalnya dari lampung. Karena tinggal di Lampung, punya kulit yang putih, dan badan yang ndut,, biasanya Desma sering nyebut Yeni sebagai ‘Anak Gajah’. Maklum,, daerah Lampung terkenal dengan gajahnya. Tapi ada suatu keanehan, si Yeni gak mau dibilang Anak Gajah,, dia maunya dibilang Anak Ayam. Aneh kan?? Apa maksudnya coba??
Hehehehe !!!
            Okke, kita kembali ke topik pembahasan awal. Karena tinggal di Lampung, Yeni biasa ngomong pake bahasa Indonesia. Kalo si Ade sih, karena tinggal di daerah yang masih satu daerah dengan SumSel, jadi wajar aja Ade bisa dan biasa ngomong pake bahasa Palembang.
            Suatu hari, gue ngedenger Yeni nanya-nanya sama Ade tentang bahasa Palembang. Ade bilang sih,, “bahasa Palembang itu peke huruf O diakhir kata.” Jadi Yeni balik nanya, “Nah,, jadi kalo buat ngitung gimana??”
“Kalo satu itu, ‘Sikok’, kalo dua itu ‘Duo’, kalo tiga itu ‘Tigo’. Pokoknya kayak itu lah kurang lebih” jawab Ade waktu ngejelasin sama Yeni. Dengan muka yang polos update terbaru, Yeni bilang. “Ooh,, aku tau. Berarti nyebutinnya, Sikok, Duo, Tigo, Empot ya De??” Kontan aja, waktu Yeni bilang ‘Empot’, kami semua ketawa terbahak-bahak. Jadi, dengan wajah heran Ade ngejawab, “Empot?? Empat Yen yang bener tuh !!”. “Tapi kamu orang bilang pakek O semua tiap akhir kalimat?” jawab Yeni polos. “Yaa,, kalo empat ya tetep empat. Gak semua angka itu sama nyebutinnya”. ”Aguuuyyy,, gimana sih kamu orang,, katanya pakek O semua, jadi aku turutin dah semuanya.” jawab Yeni.
            Akhirnya, Ade memutuskan untuk diam karena bingung gimana cara ngejelasin alasannya. Emm,, bagi yang baca cerita ini adalah orang Palembang, mungkin dia akan menagkap kesan lucu dicerita ini. Tapi kalo bukan, gue rasa cerita ini terkesan biasa aja. Ya maklum,, beda bahasa, beda juga cara nyampeinnya.
            Yang terakhir, nomor dua paling tua dan yang ukurannya paling tipis, dia adalah Salma. Hmm,, namanya kayak artis india. Ni anak selalu jadi bahan candaan gue ama desma. Kadang-kadang kalo lagi sadar, dosa juga ya ngatain orang yang lebih tua gue. Masalanya, ni anak paling pasrah. Tapi, sis alma ini, jago banget masak. Buat temen” yang suka masak,, entar gue bagiin resep resep kue dari salma. Kue buatannya enak loh. Tapi sayangnnya gue gak pernah dapat banyak.
Hahaha...
            Kalo udah gabung semua komponen ini,, lu semua bakal ngerasain kelucuan yang terjadi setiap hari dikelas gue selama kuliah. Kuliah itu ngebosenin, tapi menyenagkan juga kalo ketemu mereka. Setidaknya mereka bisa buat suasana jadi lebih seru lagi. 
             Bagi gue kehidupan itu sulit. Kadang tersenyum aja gak cukup buat nutupin kesedihan. Banyak masalah yang mungkin bisa mengubah pribadi kita yang buruk. Tapi kehidupan yang buruk itu tetap harus kita jalani. Kita gak boleh nyerah dan kalah dengan keadaan. Karena, kalo itu terjadi, kita bakal ngecewain orang banyak. Teman adalah sumber kekuatan. Karena ada mereka lah kita bisa jadi semangat. Kesedihan itu bisa hilang karena teman. Sepi itu bisa ramai karena teman. Teman itu tak memerima kebaikan kita saja, tidak hanya datang disaat dia butuh saja, dan mereka tidak hanya tertawa saat kita senang, tapi mereka, menerima segala keburukan diri kita dan selalu berlapang hati untuk memaafkan. mereka datang disaat tidak ada orang lain yang mau mendekati kita, dan mereka akan selalu menghibur dikala kita sedih. Mungkin kelak kehidupan kita tak akan lagi bersama teman, namun kenagannya selalu mempunyai tempat tersendiri dihati kita. 

3 komentar:

  1. Jika kaki, tangan dan bahu tidak ada, maka akan aku berikan hidup dan doa ku buat beliau... Salam kenal ya rizka :-) inget dan pegang janjinya buat emak ya.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga..
      :)

      janji nya pasti di pegang terus..

      mkasih udah baca..

      Hapus
  2. Lucu banget cerita nya kak Riska... Spt orangnya yg luthu luthu

    BalasHapus